Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop Lebih Cepat

Posted on


One-techno.com . Flashdisk merupakan wujud dari kemajuan teknologi yang saat ini banyak digunakan. Setiap data yang dimiliki, secara mudah dan praktis bisa langsung disimpan didalamnya. Tentu saja, hal ini semakin memudahkan masyarakat baik untuk pekerjaan, pendidikan, hobi dan semacamnya.

Namun, meski dibekali dengan nilai ekonomis tersebut, ternyata ada saja problem yang muncul dari penggunaan flashdisk. Seperti masalah flashdisk yang tidak bisa terbaca di laptop atau PC. Nah, jika demikian maka sebaiknya perlu belajar tentang cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop ya?

Meski terkesan sulit, ternyata untuk bisa mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca ini cukup mudah lho! Beberapa trik diperlukan untuk memperbaiki flashdisk agar bisa terbaca kembali.

Baca Juga:
Cara Membersihkan Virus di Hape Paling Mudah!

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop

Nah, ulasan berikut adalah 5 cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop, silahkan dicoba ya!

1. Cek Port USB

Cek port USB, sumber: mastekno.com

Langkah pertama untuk menyatakan ada masalah ketika flashdisk tidak terbaca di laptop adalah dari koneksi flashdisk tersebut dengan perangkat laptop. Lakukan pengecekan Port USB di PC atau laptop serta konektor flashdisk yang kemungkinan kotor.

Debu atau benda asing yang masuk ke konektor flashdisk akan berpengaruh pada kinerjanya sekaligus membuat data tidak terbaca. Bersihkan menggunakan kuas atau tisu kering ya!

2. Driver USB Bermasalah

Kemungkinan saja, flashdisk tidak terbaca karena ada masalah di Driver USB. Biasanya masalah ini disebabkan oleh koneksi yang terhambat atau kinerja laptop yang sudah sangat keras nih!

Cek Driver USB dengan masuk ke Device Manager kemudian pilih Universal Serial Bus Controllers di perangkat tersebut. Silahkan masukkan flashdisk ke Port USB-nya kembali untuk melihat trik ini berhasil.

Baca Juga:
6 Pilihan Laptop Gaming 5 Jutaan 2019

3. Ada Virus atau Malware

Kemungkinan adanya virus atau malware, sumber: jalantikus.com

Penyebab lain ketika flashdisk tidak terbaca adalah serangan virus atau malware di flashdisk anda. Hal ini biasanya terjadi ketika flashdisk sering digunakan pada perangkat lainnya.

Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop yang dikarenakan malware ini adalah dengan melakukan pembersihan virus melalui antivirus yang bisa dibeli secara berbayar. Gunakan aplikasi anti virus di laptop serta selalu lakukan pengecekan bila flashdisk sudah kembali normal.

4. Memakai CMD

CMD atau disebut juga Command Prompt adalah cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop yang paling jadul. Namun, ternyata langkah ini bisa dipakai dan sering berhasil lho!

Buka CMD hingga muncul jendela Command Prompt. Kemudian lanjut dengan memasukkan perintah chkdsk-G:  yang artinya meminta pengecekan disk pada drive G.

Lihat status flashdisk melalui laporan di CMD ini. Jadi, masalah flashdisk yang tidak terbaca akan diketahui ketika sistem berkata eror pada layar tersebut.

Baca Juga:
5 Tipe dan Harga Handphone Xiaomi Dengan Kamera Terbaik

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop dengan lebih cepat. Beberapa trik juga menyuguhkan cara mendeteksi penyebab flashdisk tidak terbaca tersebut, sehingga bisa diatasi sesuai dengan problem dari flashdisk atau perangkat PC anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.