Cara Membersihkan Virus di Hape Paling Mudah!

Posted on


One-techno.com .Menggunakan sistem online seperti sekarang pasti rentan akan keberadaan virus atau retasan. Itulah pentingnya memiliki perangkat yang dilengkapi dengan antivirus ataupun sejenisnya di handphone. Ketika handphone menjadi barang kebutuhan yang paling dominan saat ini, tentu cara membersihkan virus di hape juga layak diketahui mereka yang sering berkutat dengan perangkat populer ini.

Cara membersihkan virus di hape sebetulnya tidak membutuhkan tenaga ahli atau para teknisi yang berpengalaman. Jika biasanya jasa servis dilakukan untuk memperbaiki sistem atau perangkat yang rusak, maka ketika ingin membersihkan virus di hape tidak perlu lagi menyewa jasa tersebut.

Cara Membersihkan Virus di Hape

Bagaimana caranya membersihkan virus dari hape yang bisa diterapkan secara praktis? Yuk, simak!

1.      Masuk Safe Mode

Safe mode, sumber: mastekno.com

Android menjadi salah satu perangkat hape yang dipakai saat ini. Sudah sebagian besar penduduk dunia menggunakan Android sebagai alat komunikasi hingga kebutuhan pekerjaan. Nah, cara membersihkan virus di hape android adalah dengan mencoba masuk ke safe mode.

Safe mode merupakan fitur yang akan membuat kinerja hape menjadi lebih ringan. Safe mode membuat sebagian besar aplikasi di hape akan hilang sementara waktu. Jadi, di mode ini pengguna bisa mulai melakukan kroscek pada file yang tidak penting dan masih tersimpan.

Baca Juga:
6 Pilihan Laptop Gaming 5 Jutaan 2019

2.      Cek Aplikasi Safe Mode

Cek safe mode, sumber: mastekno.com

Cara masuk ke aplikasi safe mode pada setiap hape tentu berbeda. Namun, umumnya dimulai dengan menekan tombol Power dan volume saat melakukan booting. Setelah sampai di Safe Mode, maka sekarang lakukan pengecekan aplikasi yang terinstal.

Login ke menu Setting- Apps, dan pilih tab Downloaded. Nantinya, sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi yang tidak penting di Safe Mode. Virus juga akan tampak sebagai aplikasi pihak ketiga yang nanti bisa dipilih untuk dihilangkan saja.

Baca Juga:
5 Tipe dan Harga Handphone Xiaomi Dengan Kamera Terbaik

3.      Hapus Aplikasi Pihak Ketiga

Hapus aplikasi pihak ketiga, sumber: mastekno.com

Nah, inilah cara membersihkan virus di hape setelah terlihat aplikasi pihak ketiga yang tidak penting. Klik aplikasi yang menurut anda merupakan aplikasi mencurigakan dan tidak penting disimpan, tekan tombol Uninstal.

Kemungkinan nantinya saat menghapus akan ditemukan aplikasi yang tidak bisa dihapus. Artinya, aplikasi memang tergolong memiliki akses administrator dan harus dilakukan penghapusan dengan cara lain.

4.      Hapus Akses Administrator

Hapus akses administator, sumber: mastekno.com

Ketika ada aplikasi asing yang tidak bisa dihilangkan, maka artinya ada akses administrator yang dibawa sendiri oleh aplikasi tersebut. Cara membersihkan virus di hape juga bisa dengan melakukan penghapusan akses administrator ini.

Langkahnya, keluar dari menu Application Settings dan masuk ke menu Settings Security, Device Administrator. Silahkan hilangkan akses tersebut.

Baca Juga:
5 Smartphone Gaming Terbaik 2019 Untuk Gamers

5.      Keluar Safe Mode

Keluar dari safe mode, sumber: mastekno.com

Kini, silahkan melakukan penghapusan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di uninstall tadi. Lalu, keluar dari Safe Mode dan lakukan penyegaran pada hape tersebut. Matikan hape dan lakukan pengisian daya hingga penuh dan gunakan kembali seperti biasanya.

Cara membersihkan virus di hape yang telah dijelaskan tersebut merupakan langkah praktis yang bisa diterapkan. Tanpa harus menyewa jasa servis hape android, anda bisa mencobanya dengan memahami trik-trik yang disampaikan sesuai prosedur. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.